Bacalah !! Dan Pahami Apa Sebenarnya Sabar Di Dalam Islam


Tahukah Anda - Sabar merupakan asal kata dari “Sobaro-Yasbiru” yang memiliki makna menahan, dan secara umum sabar memiliki arti menahan diri ketika kita sedang kesusahan atau memiliki masalah dan menanggapinya dengan akal dan juga syariah, menjaga perkataan yang buruk, dan menahan anggota tubuh untuk melakukan perbuatan yang dosa. 


Sabar sendiri tidak hanya diperlukan ketika kita sedang mendapatkan masalah saja, namun ketika kita merasa senang juga tetap membutuhkan sikap sabar, agar tidak melakukan berbagai hal-hal yang berlebihan. Dan pada akhirnya akan merugikan diri kita sendiri ataupun orang banyak.

Sedangkan sabar dalam islam itu memiliki banyak makna, dan untuk anda yang mungkin belum mengetahui betul apa itu makna sabar menurut islam. Maka anda bisa melihat sedikit penjelasannya dibawah ini yang akan kami sajikan secara lengkap dan jelas untuk anda, jadi anda akan mengetahui apakah anda itu sudah bersikap sabar atau belum secara islam.

Yang pertama adalah sabar pada saat menjalankan perintah-perintah yang telah diberikan Allah SWT, ketika seseorang tidak sabar dalam menjalankan semua perintah yang telah Allah berikan, maka segala apa yang telah dilakukan itu akan sangat sia-sia. Dimana Allah SWT sudah menjanjikan surga kepada orang-orang yang menjalankan semua perintah-nya secara baik dan sesuai dengan syariat yang sudah Allah perintahkan. Dan anda juga bisa membaca doa dimudahkan urusan ketika anda sedang mendapatkan banyak cobaan.

Sabar untuk menghindari yang sudah dilarangkan Allah SWT merupakan sabar yang kedua dalam islam, dimana banyak hal yang telah dilarangkan kepada umatnya mulai dari tindakan yang tidak boleh dilakukan dan makanan yang diharamkan untuk dimakan. Karena banyak hal yang diharamkan atau dilarang menurut islam atas apa yg ada di dunia ini, meskipun hal-hal tersebut mungkin dapat memberikan kenikmatan. Namun kenikmatan yang didapatkan itu hanyalah kenikmatan dunia belaka, dan pada akhirnya hal tersebut akan membawa anda menuju ke neraka.

Dan yang terakhir adalah sabar kepada apa yang sudah ditakdirkan oleh Allah SWT, setiap manusia itu sudah memiliki takdir yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Meskipun ada beberapa takdir yang masih dapat dirubah oleh manusia itu sendiri, namun ada pula takdir yang sudah tidak dapat dirubah seperti umur manusia dan juga jodoh. Kita tidak dapat merubah kedua hal tersebut karena memang Allah SWT telah mentakdrikan kepada kita akan hal-hal tersebut.

Kiranya hanya itu saja untuk Pengertian Sabar Dalam Islam yang hari ini dapat kami sampaikan kepada anda semuanya, semoga saja sedikit penjelasan yang baru saja kami sajikan untuk hari ini bisa menambah ilmu pengetahuan anda seputar dunia islam. Dan pastinya bisa membuat anda menjadi seseorang yang lebih taat lagi beribadah dan menjalankan segala yang telah dilarangkan oleh Allah SWT agar kita bisa selamat dunia dan akhirat nantinya.



Sumber : www.doamustajab.com

0 Response to "Bacalah !! Dan Pahami Apa Sebenarnya Sabar Di Dalam Islam "

Post a Comment