Ada Fenomena Matahari Di Atas Kabah Pada Hari Pertama Ramadhan

Tahukah Anda - Dari Institut Penelitian Astronomi Nasional dan Geofisika di Mesir, mengumumkan bahwa pada hari pertama di bulan Ramadhan tahun ini, akan ditandai dengan hadirnya fenomena alam yang sangat unik.

Hasil gambar untuk ka'bah Ada Fenomena Matahari Di Atas Kabah Pada Hari Pertama Ramadhan

Fenomena tersebut yakni ketika matahari berada tegak lurus di atas Ka’bah pada pukul 12:18 waktu setempat di Mekah, atau waktu sholat Zhuhur di kota suci tersebut.

Fenomena ini sungguh benar-benar unik, karena pada hari Sabtu jam 12:18 waktu setempat itu, bayang-bayang Ka’bah akan hilang. Arah bayangan yang dihasilkan matahari pada titik manapun di dunia akan mengarah tepat ke kiblat.

Departemen yang bertugas untuk meneliti kegiatan matahari di lembaga tersebut mengatakan bahwa dalam sebuah pernyataan di akun Twitter resminya bahwa sudut elevasi matahari pada saat sholat Zhuhur akan mencapai 89,93 derajat di atas Ka’bah. Sudut ini jauhnya hanya 0,07 derajat dari sudut tegak lurus 90 derajat.

Fenomena ini terjadi dua kali dalam setahun. Yang pertamanya akan berlangsung pada tanggal 27 Mei dan yang kedua pada tanggal 15 Juli.


Namun, khusus untuk tahun ini akan bertepatan dengan sholat Zhuhur pertama di bulan Ramadhan, demikian lansir al Arabiya. []

Sumber : Islampos

0 Response to " Ada Fenomena Matahari Di Atas Kabah Pada Hari Pertama Ramadhan"

Post a Comment