Astagfirullah, Ternyata 5 Negara Ini Tak Bertuhan!

Tahukah Anda - Ateis alias kelompok orang yang tidak percaya terhadap Tuhan kini mulai ‘tumbuh’ di dunia. Dengan alasan ‘agama adalah penghambat’ orang-orang di berbagai negara lebih memilih untuk tidak percaya kepada Tuhan atau kepercayaan lainnya. Jumlahnya terus mengalami perkembangan, di samping jumlah kaum Muslim yang juga bertambah secara signifikan saat ini.

Mengutip DW, berikut lima negara dengan penduduk terbesar yang mengaku tak percaya kepada Tuhan.

1.Jepang


Negara ‘Macan Asia’ ini adalah sebagian besar penduduknya menganut kepercayaan etnis Shinto alias agama dari para dewa. Dalam hakekatnya Shintoisme tersebut tidak mengenal prinsip ketuhanan seperti agama samawi. Sebab itu pula banyak penganut Shinto yang mengaku bahwa tidak bertuhan. Gallup menemukan sekitar 31 persen penduduk Jepang mengklaim dirinya sebagai Ateis.

2.Cina


Tradisi Cina tidak mengenal istilah agama dalam prinsipnya yang mengatur hubungan antara manusia dan Tuhan, melainkan ajaran nenek moyang yang terwujud dalam bentuk Taoisme atau Khonghucu. Karenanya tak heran jika dalam jajak pendapat lembaga penelitian Gallup, sekitar 61 persen penduduk Cina mengaku tidak bertuhan. Sementara 29 persen mengaku tidak taat beragama.



3.Spanyol

Katolik memang mewakili porsi terbesar dari penduduk Spanyol yang beragama. Sementara sisanya tersebar antara Protestan atau Islam. Anehnya, kendati beragama sebagian besar penduduk Spanyol mengaku tidak taat menjalani ritual keagamaan. Sementara 20 persen mengaku ateis atau agnostik.


4.Hong Kong

Sebagian besar penduduk Hongkong menganut kepercayaan tradisional Tionghoa. Sementara lainnya memeluk agama Kristen, Protestan, Taoisme ataupun Buddha. Namun menurut jajak pendapat Gallup, sekitar 34 persen penduduk bekas jajahan Inggris itu mengaku tak percaya kepada Tuhan.

5.Republik Ceko

Sekitar 30 persen penduduk Republik Ceko mengaku bahwa mereka tak bertuhan. Sementara jumlah terbesar memilih tidak menjawab perihal agama yang dianut. Faktanya, agama sulit berjejak di negeri di jantung Eropa tersebut. Penganut Katolik dan Protestan misalnya cuma berkisar 12 persen dari total populasi, sisanya tak diketahui. []

0 Response to "Astagfirullah, Ternyata 5 Negara Ini Tak Bertuhan!"

Post a Comment