Jokowi Dituding Tak Beretika, Fakta Terlihat Ternyata Koran Berbahasa Arab Itu Menulis Begini, Apakah Benar?

Tahukah Anda - Kunjungan dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, tidak hanya mencuri perhatian masyarakat Indonesia melainkan juga menjadi sorotan masyarakat luar dan Arab Saudi.

Jokowi Dituding Tak Beretika, Fakta Terlihat Ternyata Koran Berbahasa Arab Itu Menulis Begini

Prosesi penyambutan hingga jamuan bagi Raja Salman beserta rombongan selama berada di Indonesia juga menjadi berbincangan yang hangat.

Diketahui, bahwa Raja Salman beserta rombongan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma sejak tanggal Rabu (1/3/2017).

Beberapa waktu yang lalu, sempat nyaring terdengar kabar tentang Jokowi bahwa di sebuah koran Okaz, surat kabar harian berbahasa Arab yang berlokasi di Jeddah tersebut bahwa Koran yang diterbitkan pada 3 Maret 2017 itu menampilkan foto Raja Salman dan Presiden Jokowi tengah melakukan prosesi penanaman pohon di halaman Istana Bogor, Jawa Barat.

Tak tampak dalam surat kabar itu foto-foto tentang ajakan ngevlog Jokowi kepada Raja Salman seperti yang ditudingkan netizen yang menyebut Jokowi tak beretika. Begitu pula judul artikel yang disebut mengkritik Jokowi, tak tampak dalam halaman berita tersebut.

Tak hanya itu, pada halaman yang sama pula, disertakan pula foto selfie Raja Salman bersama Megawati, Puan, dan Presiden Jokowi saat usai Pidato Raja Salman di Gedung DPR RI, Jakarta.

Judul pada berita yang disajikan pada halaman koran itu tertulis, “(Raja Salman) menyeru di depan anggota parlemen Indonesia untuk berkoordinasi dan mengupayakan perlawanan terhadap ekstremisme dan terorisme.”

Media tersebut juga menuliskan bahwa pernyataan Raja Salman yang berbunyi, “Bersatu untuk mengatasi intervensi dan benturan kebudayaan.”

Terkait hal tersebut, baru-baru ini justru beredar di linimasa Twitter postingan mengenai halaman surat kabar Arab Saudi tersebut.

Ada fitnah foto bersama Raja salman, Jokowi, Puan dan Mega dikecam media Arab,ini koran Saudi malah bangga pasang dan nyebut ” Selfi Raja Salman”

Begitu bunyi postingan di Twitter yang disetai foto capture halaman koran Okaz yang menampilkan foto-foto di atas.

Sebelumya beredar, pada laman Facebook postingan yang mengkritik foto selfie Jokowi-Raja Salman.

Salah satunya unggahan akun Mutia Cutnyak di laman Facebooknya.

Ia telah membagikan foto capture halaman koran Okaz yang menampilkan foto dan berita mengenai kegiatan Raja Salman di Indonesia.

“Ada di Koran SAUDI… hiks Malu Maluin…#SELFIENORAK
Baca itu yg di Tinta merah
Coba di liat tulisan arab merah
Artinya : ” perhatikan..! Pemerintah menunjukkan tidak ada nya etika terhadap…………” tulis pemilik akun

Diketahui pula, judul dengan bahasa dan tulisan arab yang bewarna merah pada halaman surat kabar itu artinya, “Peringatan terhadap fenomena kurangnya rasa hormat terhadap negara dan intervensi asing dalam urusan internal negara.”

Sedangkan, pada gambar foto selfie Raja Salman bersama Megawati, Puan dan Presiden Jokowi, koran tersebut menuliskan bahwa, “Khadimul Haramain (penjaga kota suci) shalat di salah satu dr 8 masjid terbesar di dunia, yaitu istiqlal, Jakarta.”

Sekilas tentang surat kabar Okaz

Surat kabar yang telah berdiri sejak 1960 ini memiliki kantor di seluruh Kerajaan Arab Saudi dan terletak di jeddah

Surat kabar Okaz juga tersebar hingga provinsi Asir dan Hijaz.

Selain media cetak, Okaz memiliki portal berita www.okaz.com.sa.

Sumber : Wajibtau

0 Response to "Jokowi Dituding Tak Beretika, Fakta Terlihat Ternyata Koran Berbahasa Arab Itu Menulis Begini, Apakah Benar?"

Post a Comment