Istri Muda Yang Dipaksakan

Tahukah Anda - Nama gue Dani, orang-orang yang deket sama gue biasa manggil gue dengan tambahan embel-embel ‘bang’. Bang Dani begitu mereka biasa manggil gue. Klo yang belum begitu kenal biasanya sih manggil pake tambahan om, pak atau klo yang tuaan umurnya dari gue manggil gue dek. Bahkan yang umurnya mudaan dari gue ada yang manggil gue dek juga. Yah, gue sih nggak nyalahin Allah yang udah ngasih gue wajah ganteng dan imut kayak gini. Abis gimana, dapet ujian aja kita kudu bersyukur, apalagi dapet wajah ganteng, iya nggak?







Profesi gue sehari-hari sebenarnya nggak bisa dibilang keren juga sih, kadang gue jualan apa yang bisa gue jual, ngerjain apa yang gue bisa kerjain. Pokoknya asal halal… sikat bleh!! Cuman sekarang-sekarang ini terus terang gue lagi ada pikiran yang ngeganjel di kepala dan hati gue. Coba bayangin cuyy, semalem udah ke sekian kalinya bini ‘nembak’ gue supaya mau nikahin shohibahnya waktu sekolah dulu. Muke gile nggak tuh. Lah ngempanin yang udah ada aja gue masih empot-empotan kayak odong-odong kehabisan batere. Semalem udah kali ke empat gue ditembak. Tiga kali sebelumnya gue udah ngingetin kalo gue ini takut kagak bisa adil sama mereka. Tapi lu tau kagak apa jawaban mereka saat keempat kalinya semalem gue bilang gitu? Nggak tau kan? Iya lah kan belum gue kasih tau….

“Woyy… woyy… stop..stop. Lu mau ngebekam gue apa mau bikin semur ayam?!” tiba-tiba terdengar suara yang bikin gue kaget setengah modar.

“Eh.. iy..iya bang haji. Sorry nih aye sambil ngelamun”, jawab gue sekena-kenanya aja. Oh iya, gue lupa bilang kalo gue juga biasa ngebekam orang-orang yang udah jadi langganan gue. Kadang-kadang ada juga sih kastomer baru. Lo kalo mau dibekam, boleh dah hubungin hape gue.

“Ngelamun sih ngelamun Dan. Iya klo tangan lo bener pas lagi nyocot-nyocot badan gue. Lah kalo tuh tangan ngelantur sampe nyocotin cabe rawit gue? Bisa habis nih pendaringan”, jawab bang haji Krisna kesel banget.

“Iye.. iye bang, kagak lagi-lagi dah”, jawab gue nenangin bang haji.

Okay, gue sambil ngebekam aja yak nyeritainnya. Udah sampe mana tadi? Oh.. udah sampe waktu gue ditembak keempat kalinya ya sama bini gue dan temennya. Jadi waktu gue jawab lagi dengan jawaban yang sama dengan penuh yakin tuh bini gue jawab,

“Bang, kalo abang gak yakin bakal berlaku adil sama kita, kita berdua bakal bantu abang deh biar bisa adil sama kita”, kata bini gue dengan raut muka polos sepolos-polosnya kayak tampang kucing anggora yang ketebok nyolong ikan dan minta diampunin supaya jangan diselepet pake sapu lidi.

Biasanya kalo udah kayak begitu, gue udah kagak bisa ngomong apa-apa lagi. Selain itu gue juga udah kehabisan jawaban. Dari todongan pertama sampe keempat masa cuman entu doank jawaban gue. Ya abis gimana, jujur aja gue laki-laki. Siapa sih yang kagak pengen punya bini dua? Lah mantan presiden RI pertama aje alm Sukarno bininya Sembilan. Tapi asli, gue nyadar sesadar-sadarnya siapa diri gue, bagaimana gue dan seperti apa gue. Makanya gue selalu menolak keinginan bini gue tersebut. Daripada gue ngezholimin anak orang mending gue nguleg cabe rawit, eh sorry jadi kebawa omongannya bang haji Krisna nih. Ya intinya, poligami itu kagak mudah dalam pandangan gue saat itu.

Pemirsa, gue jadi bingung ini. Udah kebayang bagaimana tanggapan keluarga gue, keluarga mertua, belum lagi keluarga calon madu. Belum lagi pikiran-pikiran lain soal gimana gue bakal ngidupin mereka nantinya.

Tiba-tiba bang haji Krisna nyaut,

“Dan, udahan belum nih urusan ngebekam gue?”

“Dikit lagi bang haji. Sabar yak..”, jawab gue.

“Sabar sih sabar Dan, cuman lu jangan pake dibawa bengong gitu. Lah gue kan pegel juga nungguin kapan lu bakal nyabut nih kokopan bekam yang sedari tadi nempel dipunggung gue kayak pacet di gunung Pangrango”, bang haji Krisna ngoceh aje.

Gak seberapa lama akhirnya kelar juga urusan bekam gue sama bang haji Krisna. Sambil pamitan, gak lupa bang haji nyelipin amplop di kantong rompi belel yang biasa gue pake kemana-mana. Alhamdulillah, lumayan buat nambahin modal kawin lagi, eh sorry maksud gue buat ngempanin anak bini.

Sepanjang jalan pulang sambil nunggangin vespa butut peninggalan bokap, gue terus mikirin kejadian yang semalem gue alamin. Disisi laen hati gue bersorak gembira kayak bocah baru dapet duit seribu perak yang ngegeletak di jalanan, tapi disisi laen lagi udah kebayang jalan yang bakal dilaluin. Ngeri-ngeri sedaplah antara seneng dan bingung. Pokoknya nih malem gue bakal ngadu sepuas-puasnya sama Allah, minta tolong dikasih petunjuk dan jalan buat urusan gue ini.

.::Kagak seberapa lama kemudian….

Allah udah ngasih jalan dan petunjukNya yang terbaik buat gue dan keluarga. Bismillah, gue bakal ngejalanin pernikahan yang kedua ini lillahi ta’ala. Awalnya emang ada sedikit penentangan khususnya dari keluarga mertua dan calon mertua baru. Tapi seiring waktu yang terus berjalan, mereka bisa menerimanya. Apalagi bini gue dan calon madu emang rajin banget buat ngeyakinin mereka, serajin waktu nawarin gue dulu buat nikah lagi.

Singkatnya, pernikahanpun telah terlaksana. Gue udah siap ngejalanin hari-hari baru gue bersama bini dan madunya. Jangan salah cuyy, bini gue yang baru gue nikahin itu sepaket. Sepaket? Iya, sepaket sama anak-anaknya. Yaelah… iye dia janda cuyy. Jadi kalo diitung-itung nikah belum lama tapi anak-anak gue udah bererot kayak terong yang dipanjangin sama mak erot. Tapi itulah seninya hidup. Kita bukan cuma mencintai anak-anak hasil keturunan kita sendiri tapi juga kita belajar menyayangi anak-anak yang bukan anak kandung kita.

Alhamdulillah secara umum gue kagak ada masalah dengan pernikahan gue hingga hari ini. Kalopun ada pernak-pernik dalam rumah tangga kayaknya itu biasa sih. Yang penting tinggal bagaimana gue dan bini-bini gue bisa ikhlas ngejalanin roda kehidupan yang kadang kita ada diatas kadang dibawah. Selain nambah amanah anak dan istri, amanah gue buat ngebina anak-anak jalanan juga semakin nambah. Gue juga berharap semoga do’a dari mereka yang gue bina dan bantu bisa bikin gue lebih mudah dan ikhlas dalam menapaki jalan kehidupan yang penuh rintangan ini. Karena keikhlasan adalah kunci dari semua permasalahan.

Cuman sekarang ada hal unik yang menimpa gue dan para harim. Kalo dulu waktu masih berencana kawin lagi yang ribut itu bokap-nyokap sama mertoku, Nah… sekarang malah orang laen khususnya emak-emak yang jadi kayak orang kebakaran jilbab, gegara ngelihat jajaran ‘menteri’ di kabinet rumah tangga gue nambah. Udeh nggak keitung dah berapa kali ibu-ibu nginbokin, nasehatin bahkan sampe ada yang mencak-mencak supaya perihal pernikahan gue yang kedua kagak usah digembar-gemborin. Lah mpok… siape nyang gembar gemborin? Begitu kata batin gue membela diri. Emang sih, kadang kelakuan madu gue suka aneh juga. Yang aplot foto kita lagi bertiga lah di sosmed. Ntar klo udah begono, gue juga dah yang bakal kena semprot sama ibu-ibu. Dibilang norak lah, belagu lah, riya’ lah, dll. Lucunya lagi, jadi banyak istri yang khawatir kalo suaminya bergaul sama gue.

Dikata gue punya penyakit menular kali ya. Mulai dari si Ipin, om Slamet, Roy, pak RT Nali sampe mas Pur, roman-romannya itu udah pada pasang kuda-kuda bininya kalo denger mereka abis ketemu atau mampir dari rumah gue. Termasuk bang haji Krisna, akhir-akhir ini kok jadi jarang manggil gue buat dibekam ya? Apa dilarang sama mpok hajjah Nunung kali ye, takut lakinya ketularan kawin lagi kayak gue… hahahah. Udah ah, itu mah cuman prasangka gue aja, barangkali bang haji emang udah sibuk banget kali ya, secara gue denger-denger dia ada rencana mau bikin cabang bini… eh sorry, maksudnya usaha baru.

Tapi itulah resiko hidup. Karena hidup itu emang pilihan. Termasuk apa yang gue jalanin adalah pilihan dengan segala konsekwensinya. Tapi gue yakin sama Allah, sebab kalo bukan karena kehendakNya gue juga nggak akan ngalamin apa yang seperti sedang dijalanin sekarang ini. Lagian, siapa sih yang bisa ngelawan kehendak Allah? Pokoknya enjoy ajalah (ya iyalah enjoy) toh gue nggak ngelakuin dosa selingkuh atau zina kayak pejabat-pejabat atau orang-orang brengsek yang pada punya simpenan perempuan di hotel-hotel berbintang.
Nah… paham kan lo sekarang?

Sumber : Berita Islam

1 Response to "Istri Muda Yang Dipaksakan"