Heboh, Warga Temukan Wajan Raksasa Serta Fosil Berukuran Besar di Bawah Masjid Al Furqon Batang, Apakah Benda purbakala? cek selengkapnya

Tahukah Anda - Tiga bulan yang lalu, tepatnya pada bulan April 2016, telah di temukannya wajan raksasa yang menghebohkan warga Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah. Benda berdiameter 2 meter itu ditemukan di kedalaman tanah kompleks ruko Jl MT Haryono, Kutoarjo. Nah, kini ada temuan serupa di Batang, Jawa Tengah.


Wajan tersebut ditemukan di kompleks masjid Al Furqon, Karangasem Utara, Batang, Senin (18/7). Pekerja kaget karena di kedalaman 2 meter, ada wajan yang berdiameter hampir 3 meter. Kabar menyebar, dan warga pun heboh.


banyak yang penasaran. Mereka berdatangan ke lokasi.

"Awalnya mau ditimbun lagi dan pekerjaan dilanjutkan, tapi berdasarkan musyawarah warga dan takmir masjid, akhirnya (wajan) diambil," jelas pelaksana renovasi masjid, Siswanto (58).

Warga dan pekerja sudah melapor ke Dinas Pariwisata. Jika memang, wajan itu termasuk benda purbakala, maka harus diperlakukan secara khusus. Untuk sementara, benda tersebut dibiarkan di lokasi.

Di lokasi itu juga ditemukan tulang belulang berukuran besar. Berdasarkan 'tekstur', itu merupakan tulang hewan.

Tulang yang ditemukan di dekat wajan raksasa (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Hari ini, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah mengecek. Namun mereka belum menyimpulkan 'status' barang tersebut. Pada saat bersamaan, warga masih terus berbondong-bondong karena terdorong rasa penasaran.

1 Response to "Heboh, Warga Temukan Wajan Raksasa Serta Fosil Berukuran Besar di Bawah Masjid Al Furqon Batang, Apakah Benda purbakala? cek selengkapnya"